Diving

Peralatan tambahan yang akan digunakan untuk scuba diving

Pisau Selam

Peralatan menyelam satu ini dapat digunakan untuk menolong, menggali, dan alat pengukur bagi seorang penyelam. Pisau selam terbuat dari logam antikarat dan juga bergerigi pada matanya.

Sarung Tangan

Peralatan ini merupakan perlengkapan tambahan dari pakaian selam yang dianjurkan dipakai untuk pemula. Sarung tangan berguna untuk melindungi anggota tubuh yaitu bagian dari tangan dari goresan tangan dan sebagainya. Dengan menggunakan sarung tangan, tangan penyelamakan terlindungi dan akan menjadi lembut jika terendam dalam air. Serta, apabila tergores sangat sulit untuk menghentikan pendarahan.

Tas Selam

Peralatan tambahan yang akan digunakan untuk scuba diving 3

as selam digunakan untuk menyimpan segala perlengkapan selam supaya tidak tercecar. Dan juga melindungi peralatan dari panasnya matahari.

Gunakanlah tas yang besar yang dapat mengangkut peralatan selam selama di perjalanan maupun di boat. Tas ini harus kuat dan tahan air karena kondisi medan penyelaman biasanya jauh dan juga basah.

Pilihlah tas selam yang dapat memuat fin, snorkel, masker, dan juga buoyancy compensator. Hindari penggunaan tas dengan resleting dan sebaiknya menggunakan pembukaan menggunakan tipe metal.

Senter

Peralatan tambahan yang akan digunakan untuk scuba diving 4

Cahaya matahari semakin sedikit yang masuk ke dalam air jika semakin dalam menyelam di laut, dan tentunya semakin gelap. Oleh sebab itu, penyelam membutuhkan sebuah senter selam untuk menerangi saat menyelam.

Tank ataupun Tabung Udara

Peralatan tambahan yang akan digunakan untuk scuba diving 5
Sumber: Hallose

Perangkat SCUBA akan menghasilkan mobilitas yang tinggi, namun mempunyai keterbatasan waktu tergantung dengan jumlah udara yang dimasukan kedalam tabung SCUBA. Umumnya tabung SCUBA terbuat dari bahan baja dan alumunium Alloys. Volume dan tekanan dari tabung SCUBA terdiri dari berbagai ukuran anatara lain dengan volume 50, 71, 80, 100 cuft (cubic feet).

Sebuah tabung SCUBA mempunyai tanda yang masing-masing memiliki arti, yaitu sebagai berikut :

  • DOT: Department Of Transportation, yaitu badan yang berwenang di AS yang mengawasi peredaran tabung gas bertekanan
  • 3 AL: kode logam alumunium yang dipakai
  • 3000: tabung udara bias diidi sampai dengan tekanan 3000 psi.
  • P353403: contoh nomor serial pada tabung, huruf P untuk tabung 80 cuft, Y untuk 71,2 cuft dan R untuk 50 cuft sedangkan KK untuk tabung 15 cuft (pony tank).
  • LUXFER:  pabrik yang mengeluarkan tabung (keluaran pabrik Amerika).
  • 7 87: tes hidrostatis yang pertama (di pabrik). Yang melakukan adalah Authorized Testing.
  • H 7 92: test hidrostatis yang terakhir dilakukan

Bagian-bagian Tabung

Tank valve

Tank valve adalah tempat keluarnya udara atau masuknya udara yang dilengkapai dengan O ring. Prinsip kerja valve seperti keran pembuka dan penutup aliran udara dalam tabung. Bentuk mulut valve disesuaikan dengan model regulator yang dipasangkan. Ada model yoke bersistem jepit atau Din dengan ulir. terdapat safety plug yang berfungsi untuk melindungi tabung ketika tekanan melebihi batas, selain safety plug terdapat o ring yang terbuat dari karet atau silicone fungsinya untuk menahan kebocoran.

Jenis jenis valve

  • K valve: adalah tipe valve yang paling sederhana dan umum digunakan dengan sebuah katup putar untuk membuka dan menutup aliran udara.
  • J valve: merupakan valve tipe lama yang memiliki 2 katup, yaitu katup buka dan katup cadangan mekanis (reserve). Katup mekanis diaktifkan saat tekanan tabung turun sampai di bawah batas yang ditentukan (+ 500-700psi) akan mengalirkan udara sebagai tanda  penyelaman akan berakhir dan menuju ke permukaan.

Cara Perawatan Tabung Selam

Tabung selam umumnya terbuat dari bahah alumunium yang mudah rusak, maka sebaiknya jika tabung sedang dibawa dalam kendaraan berilah ruang agar tabung tidak mudah terbanting. Jika setelah keadaan menyelam cucilah tabung dengan air tawar dan bilaslah bagian yang rawan berkarat karena air laut seperti bagian valve. Keringkanlah tabung di tempat yang teduh dan kering. Untuk aksesoris pelindung lainnya dapat ditambahkan dengan boot danĀ  net yang dapat melindungi terhadap benturan.

Sumber

https://narmadi.com/id/peralatan-menyelam/
Show More

Reno

Traveler, Backpacker, Animation Lover, Animal's Lovers, Pluviophile, Nyctophilia,

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit exceeded. Please complete the captcha once again.

Back to top button
error: Content is protected !!