30HMCReview Film

5 Film Kehidupan Yang Menginspirasi

Hari ini, hari ke Empat tantangan menulis bersama KUBBU. Temanya film favorit yang berkesan dalam hidup. Saya nonton film sama seperti membaca, ingin mencari tahu sesuatu secara visual. Biasanya seperti itu walau tidak selalu.

Saat mau naik gunung pertama kali, saya mengumpulkan film-film tentang gunung dan menonton film perjalanan ke gunung. Walau hampir dari semua film ini pasti ada yang mati, tapi dari film tersebut saya bisa mengamati apa saja yang perlu di persiapkan. Bahaya apa saja yang akan menanti saat nanjak nanti.

Begitu pula saat mau nyelam, saya menemukan film sanctum. Akhirnya saya rekomendasikan ke buddy saya. Eh saya malah di tegur oleh instructur selamnya nanti malah bikin parno klo nonton film begituan buat pemula.

“Ntar bukannya enjoy nyelemnya, tapi malah parno. Sedangkan kita mau fundive”, begitu katanya. Hmm mungkin ga semua orang seperti saya. Itu yang di khawatirkan beliau.

Jujur bingung sih mau bahas film apa di tantangan kali ini, mana aku random banget kemarin tantangannya tentang kenangan malah bahas film locke & key. Sekarang bahas film malah bingung hehe. .

Setelah scroll bolak balik aplikasi letterboxd. (Aplikasi yang bisa list film apa aja yang udah kita tonton) akhirnya aku inget ada beberapa film yang berkesan setelah menontonnya

FORREST GUMP

5 Film Kehidupan Yang Menginspirasi 2

Kegigihan seorang yang menderita keterbelakangan mental. Walau pun IQnya dibawah rata-rata, tapi dia selalu dapat meraih apa yang dia inginkan. Ia berkali-kali mencoba dan tentu berkali-kali gagal, tapi kegagalan bukan alasan untuk berhenti.

Kegigihannya menepati janji, kepada sahabatnya yang meninggal di medan perang. Sifat dermawannya yang mewariskan perusahaan udang yang telah susah payah dirintisnya kepada keluarga sahabatnya yang meninggal di medan perang.

Berhati besar, masih menyemangati Kapten yang telah meremehkannya, yang tidak tau terima kasih. Forrest Gump sudah menyelamatkan Kaptennya di medan perang, tetapi malah menyalahkan Gump karena hidup lumpuh, kapten yang frustasi tersebut tetap di beri semangat oleh Gump. (Kalo gw sih udah gw cemplungin kelaut #hehehe becanda gemes aja)

Forrest gump mempunyai cinta yang amat tulus kepada istrinya. Walau kita yang nonton gemes, dengan perlakuan Jenny. Tapi Forrest Gump masih mencintai Jenny dengan setulus hati.

Patah hati karena Jenny meninggal malah membuat Forrest Gump terkenal dengan berlari marathon. Dan banyak yang mengikuti Gump, menurut orang lain keren padahal Gump hanya ingin berlari menghilangkan rasa sedihnya.

3 IDIOTS

5 Film Kehidupan Yang Menginspirasi 3

Melihat kembali film ini di letterboxdb langsung teringat jargon di film ini “aal izz well” yang sebenarnya merupakan kalimat bahasa Inggris ” All is well”.

Jargon tersebut selalu didengung-dengungkan sepanjang film ini. Pesan yang saya tangkap dari jargon tersebut adalah ketakutan yang berlebih akan masa depan membuat hidup tampak semakin sulit. Jika mengalami kesulitan yakinlah pasti ada jalan keluar untuk semua itu. Bahkan terkadang saat kita pasrah ada keajaiban tangan Tuhan disana. Yakinkan pada diri sendiri semua baik-baik saja.

Selain itu banyak pesan lagi yang terkandung dalam film ini, seperti kamu tidak harus mengikuti semua jalan yang orang lain tentukan kepada hidupmu. Seperti kisah sahabatnya Rancho yang memilih passionnya dalam seni fotografi alam liar walau di harus menerima resiko tidak menghadiri upacara kematian Ayahnya.

Sahabat lain Rancho yang bertahan dari depresi karena mengingat pesan dari Rancho “tataplah foto kedua orang tuamu dan bayangkan apa yang bakal terjadi pada senyum mereka kalau kamu mati”

Saat kamu disepelekan oleh orang lain, jangan berkecil hati lakukanlah apa yang kamu suka sepenuh hati, dan buktikanlah bahwa pilihan yang telah kau pilih adalah pilihan yang tepat, sampai orang tersebut mengakui pilihan kamu.

INTO THE WILD

5 Film Kehidupan Yang Menginspirasi 4

Film ini Into The Wild sejalan dengan film 3 Idiots yang tertekan akan tuntutan orang tua untuk selalu menjadi yang terbaik. Dengan alasan tersebut dia terobsesi akan kebebasan dalam hidup. Menurutnya terikat kepada seseorang secara emosi ataupun hubungan dalam bentuk apapun akan mempengaruhi kebebasannya.

Sampai akhirnya saat menjelang akhir hidupnya sekarat di tengah-tengah hutan, dia mengingat kembali keluarga yang telah di tinggalkannya. Tapi dia tidak menyesal atas apa yang telah dia lakukan.

“I know how important it is in life not necessarily to be strong but to feel strong. To measure yourself at least once.”

Dari sekian banyak pesan yang ingin disampaikan dalam film ini saya pribadi menangkap pesan bahwa kita hidup di dunia ini tidak bisa seorang diri, bahkan untuk berbahagia saja tidak bisa dinikmati sendiri. Segala yang ada di semesta alam ini saling terkoneksi, tumbuhan membutuhkan makhluk lain untuk berkembang biak, hewan membutuhkan koloni untuk bertahan hidup.

5 Film Kehidupan Yang Menginspirasi 5

Manusia perlu berbagi dengan makhluk lainnya agar bisa menjadi manusia seutuhnya.  Bahagia duka, kita perlu membagi kepada orang lain, bahkan saat tidak dapat tempat untuk berbagi kita mencari tuhan untuk menumpahkan segala rasa syukur dan sedih (eeeetdaah dari berat bahasannya) 

UNBROKEN

5 Film Kehidupan Yang Menginspirasi 6

Film ini dikisahkan dalam situasi perang dunia, Louis Zamperini yang tidak terlalu menonjol dalam akademis, sehingga membuat ayahnya kecewa padanya. Berkat kejelian kakak laki-lakinya kalau Louis mempunyai bakal berlari, lomba demi lomba dimenangkan olehnya. Sampai terpilih mewakili Jerman untuk olimpiade di Jepang. Berkat prestasinya itu Ayahnya bangga padanya.

Karena tuntutan wajib militer Louis harus ikut perang, dia bertugas di salah satu pesawat tempur, yang pada akhirnya membuat di terdampar di kamp tawanan Jepang.

Tekad keras Louis membuat pimpinan kamp luluh, menjadikan musuh sebagai seorang teman.

SABTU BERSAMA BAPAK

5 Film Kehidupan Yang Menginspirasi 7

Sebenarnya banyak pesan moral yang bisa di ambil dari film ini seperti, tentang kerja keras demi keluarga, tentang mimpi yang harus terencana, tentang membangun hubungan yang sama sama kuat, bukan saling mengisi kelemahan. Menjadi kuat adalah tanggung jawab diri sendiri bukan orang lain, jika fokus saling menuntut menutupi kelemahan akan sulit membangun hubungan yang solid.

Tapi saya lebih terkesan dengan cara yang dilakukan oleh Bapak Gunawan Garnida untuk hadir dalam kehidupan anak-anaknya walaupun beliau telah tiada. Sehingga anak-anaknya tidak kehilangan sosok Bapak, walaupun istrinya akan mengasuh anaknya seorang diri.

Udah segitu dulu, dari bingung mau bahas apa jadi panjang pembahasannya. Temen temen yang udah nonton film tersebut pasti akan punya pandangan yang sama bisa jadi juga beda. Tergantung sudut pandang kita masing-masing sih, makanya aku ga pernah keberatan klo film di spoiler -in. Ada yang mau spoiler -in aku film? Boleh banget buat masuk Wishlist ^_^.

Show More

Reno

Traveler, Backpacker, Animation Lover, Animal's Lovers, Pluviophile, Nyctophilia,

Related Articles

10 Comments

  1. Keren euy film pilihan Kak Reno. Dari 5 film tersebut, hanya forest gump yang saya pernah saya ‘tonton’. Saya berikan tanda kutip, karena film tersebut tidak langsung saya tonton secara tapi saya hunting berbagai review tentang film tersebut termasuk cuplikan & screenplay nya. Terus ngebayangin visualisasinya. Seperti judul tulisan kak Reno ini, forest gump adalah pentas kehidupan, dalam arti khusus….

  2. Forrest Gump emang keren. Nggak salah kalo Tom Hanks sampe diganjar oscar berkat perannya di film ini..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit exceeded. Please complete the captcha once again.

Check Also
Close
Back to top button
error: Content is protected !!